Sunday, March 14, 2010

Masuk Generasi Apakah Anda?

Generasi adalah tingkatan lebih lanjut dari sesuatu, tidah hanya makhluk hidup yang menpunyai generasi tetapi gadget dan tehnolgi juga memiliki generasi. Nah manusia sendiri juga memiliki generasi seperti generasi X, genersai Y dan lain sebagainya. Sekarang ada pada generasi manakah anda? Untuk mengetahui masuk dalam kategori generasi apa anda silahkan baca dengan cermat yaaa!! :D

Generasi “Z”(1996 - sekarang)

"Generasi Z ini beda sekali jika dibandingkan dengan generasi X yang lahir tahun 1965 hingga 1980. Beda juga dengan generasi Y atau Generasi Milenium yang lahir tahun 1981-1995. Ataupun generasi – generasi sebelumya. Beda yang paling mencolok, bisa dilihat dari kemampuan memanfaatkan gadget. "Mereka seperti disetir oleh industri teknologi, yang semua produknya langsung ditelan mentah-mentah. Anak remaja yang  umurnya belasan tahun taruh saja (13-15) tahun kesehariannya tidak bisa lepas dari gadget. Mereka rering nongkrong di caffee ataupun mall. Dengan alasan disana disediakan akses wifi gratis dan merak bisa dengan leluasa menggunakan gadgetnya untuk mengunduh data, sharing data di internet. Kadang mereka hanya sekedar update setatur di situs – situs jejaring social.
Generasi “Y” (1977 - 1995)

Rupa-rupanya istilah ini dipakai untuk pemuda sekarang dengan kelahiran setelah 1977. Mereka ini bisa disebut generasi Milenium dan Interenet. Hidupnya serba digital, ke mana-mana menggembol Ipod. Lubang telinga selalu tersumpal alat namanya "headset."

Generasi X (1965-1976)

Rupanya sebutan ini berasal dari penelitian Jane Deverson di Inggris pada 1964. Ia meneliti tingkah laku anak muda saat itu yang mulai luntur rasa hormat kepada "bonyok," tidak suka kepada Ratu Inggris, bobo sebelum nikah adalah "cool", muncul musik jenis Punk sehingga dianggap fenomenal dan generasi ini dinamakan generasi X dengan rentang waktu 1965 sampai 1976.
Ciri lain doyan belanja, ngedugem berat. Pada rentang tahun ini muncul kehidupan seperti hippies, ganja, mariyuana, nudis sehingga sering disebut miring sebagai generasi apatis, sinis, gedombrongan. Filosofi hidup mereka "Kerja Untuk Hidup" bukan Hidup untuk bekerja. Jika bepergian selalu mencari sensasi alias tantangan. Ciri berpakaiannya leher dijerat syal, sepatu keds dan buku saku. Perangai mereka tidak sabaran.
Kelebihannya pada generasi ini muncul sikap enterprener dan Technical Friendly semisal PC mulai mulai dikenal para era ini.

Baby Boomer (1945-1964).

 Kata Baby Boomer nampaknya diambil setelah perang dunia, orang Australia, Kanada, Inggris dan Amerika seperti berlomba membuat anak sehingga angka kelahiran "ngeboom."
Orang golongan ini, kalau bepergian seperti mempelajari buku. Pegangannya passport, dan kalau tamasya lebih suka mengendarai mobil sendiri apalagi yang dobel gardan. Ditasnya selalu terselip brosur travel, peta-peta dan kadang PDA.

Generasi Senior

Ada lagi kelompok terakhir "manula" Senior atau Grey Nomad. Lahir sebelum 1945. Tentengannya kacamata silau, dan potret. Kalau bepergian akan menginap di hotel mewah. Hobbi mendatangi tempat bersejarah seperti museum atau pabrik-pabrik penyulingan anggur. Biasanya perangainya lebih sabar.
Bepergian kesatu tempat bisa dilakukan berulang-ulang. Pasalnya tidak ada satu tempat yang cukup didatangi dengan satu kali kunjungan. Pasti masih ada sisi tersembunyi yang tidak kalah menarik dari kunjungan pertama.
Tentu tidak disebutkan penggolongan yang lintas generasi, seperti orang dengan klasifikasi generasi Y tapi merasa lebih sreg "gaul" dengan Senior. Banyak juga Senior tentengannya Ipod ke mana-mana sehingga mengundang gunjingan "nggak lihat KTP tuh..."
Share on :

1 komentar:

Post a Comment

 
© Copyright Kopimanis | Blog News, Review dan Tutorials 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates and Theme4all