Monday, April 19, 2010

Dark Chocolate Bantu Sembuhkan Sirosis Hati

Jenis coklat pekat atau biasa disebut dark chocolate bisa dijadikan sebagai obat penawar penyakit sirosis hati. Kesimpulan ini didapat dari hasil penelitian tentang manfaat coklat bagi kesehatan yang dilakukan oleh para peneliti dari Spanyol. Siroris merupakan luka parut pada hati sebagai akibat dari kerusakan hati yang telah berlangsung lama. Sirosis diakibatkan oleh berbagai faktor, termasuk infeksi hepatitis dan penyalahgunaan alkohol.

Senyawa antioksidan bernama flavanol yang terkandung dalam dark chocolate diyakini menjadi alasan penting mengapa coklat sangat baik untuk menurunkan tekanan darah. Pasalnya, senyawa kimia tersebut melancarkan aliran darah dan melebarkan serta membuat rileks sel otot.
Dalam studinya, peneliti melibatkan 21 pasien penderita penyakit hati tahap akhir. Mereka yang diberi makanan mengandung 85 persen dark chocolate terbukti mengalami penurunan tekanan darah pada hati. Kondisi ini dinamakan lower portal hypertension. Sementara mereka yang mengonsumsi coklat putih atau white chocolate tidak menunjukkan kondisi itu.

"Studi ini memperlihatkan hubungan yang jelas antara mengonsumsi dark chocolate dengan lower portal hypertension serta memperlihatkan perkembangan yang sangat penting dan potensial dalam mengobati pasien sirosis," kata Mark Thursz, dari Imperial College, London, Inggris.  

Hasil penelitian ini dipresentasikan di pertemuan tahunan European Association for the Study of the Liver di Vienna, berbarengan dengan studi-studi terdahulu mengenai manfaat coklat bagi kesehatan. *)  Kop
Share on :

0 komentar:

Post a Comment

 
© Copyright Kopimanis | Blog News, Review dan Tutorials 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates and Theme4all